JELANG WISUDA QURAN: Lulusan Naik Grade

 

STANDAR kualitas hafalan alumni Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember tahun ini dinaikkan oleh jajaran pengurus. Terutama, aspek kelancaran.

“Tahun ini mengalami kenaikan grade. Yakni, batas bawah nilai kelancaran hafalan. Untuk setoran 30 juz mereka sudah selesai semua,” ungkap Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz, mudir PPA Ibka Putra Jember.

Para mahasantri angkatan ke-3 Jumat (8/12) ini menjalani uji publik. Kemampuan dan kelancaran hafalan para calon wisudawan itu akan diuji tim ahli dan masyarakat.

Ustadz Abu mengatakan, pada angkatan 1 dan 2, kelancaran hafalan terendah para wisudawan adalah 3 juz. Tetapi, pada angkatan 3 ini kelancaran hafalan terendah 8 juz.

Mulai tahun ini, pengurus Ibka menetapkan, syarat untuk mengikuti prosesi wisuda di atas panggung harus lancar minimal 15 juz. “Karena itu, untuk yang pencapaian kelancaran di bawah 15 juz, mohon maaf, tidak bisa dipanggil naik ke panggung,” terangnya.

Dengan adanya syarat tersebut, Ustadz Abu mengatakan, ada tiga mahasantri yang nantinya tidak dipanggil ke atas panggung. Sebab, kelancaran hafalannya kurang 15 juz.

“Aturan ini di dua angkatan sebelumnya tidak ada. Yang penting khatam setoran, wisuda. Nantinya, standar minimal kelancaran ini akan kami naikkan bertahap. Kalau tahun ini untuk wisuda minimal lancar 15 juz, tahun depan akan dinaikkan menjadi 20 juz,” tutup Ustadz Abu. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *