Gak Cuma Ngaji, Santri Juga Peduli

MUSIBAH banjir dan longsor yang melanda Pacitan, pekan lalu, memicu keprihatinan dan duka semua kalangan. Tidak terkecuali para mahasantri Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember.

Senin (4/12) para mahasantri melakukan penggalangan dana sesama antri. “Tujuannya untuk meringankan sedikit beban para korban di Pacitan,” ujar Ustadz Hudzaifah Al Ayubi, SPdI Al Hafidz, kepala Bagian Kesantrian PPA Ibka Putra Jember.

Meski jumlahnya tidak banyak, kata dia, kegiatan ini diharapkan bisa mengasah kepedulian para santri dengan kondisi yang dialami masyarakat di luar pondok. “Ini juga cara mendidik kami. Santri supaya tidak hanya ngaji, tetapi juga peduli dengan sesama,” sambungnya.

Dari sekitar 60 orang mahasantri yang mondok di PPA Ibka Putra Jember, terkumpul donasi senilai Rp 786.100. Selain menggalang dana dari internal santri, mereka juga menggalang dana dari masyarakat di sekitar pondok. “Alhamdulillah bila dikumpulkan semua sejumlah Rp 1.086.000,” kata Ustadz Uje, sapaan akrab Ustadz Hudzaifah.

Saat ini hampir semua mahasantri konsentrasi menyiapkan wisuda Quran angkatan ke-3 yang akan dilaksanakan Ahad, 10 Desember mendatang. Tetapi, hal itu tidak menyurutkan kepedulian santri atas musibah yang dialami masyarakat. Santri itu memang keren! (*)

 

Sumber gambar: tirto.id

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *