Demi Kualitas Lulusan, Perketat Syarat Wisuda Quran

KESUNGGUHAN pengurus Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas ditunjukkan dengan syarat wisuda Quran yang semakin ketat. Tahun ini akan ada 12 mahasantri putra yang sedianya akan diwisuda pada 10 Desember mendatang.

Salah satu syarat untuk mengikuti wisuda Quran nanti adalah memenuhi target tasmi bersama teman. Tasmi tersebut sudah dilaksanakan Ahad (3/12). “Target kami calon wisudawan lancar hafalan minimal 15 juz,” ujar Ustadz Syamsul Haidi, SPdI Al Hafidz, kepala Bagian Tahfidz PPA Ibka Putra Jember.

Dari hasil tasmi tersebut, kata dia, ada 12 calon wisudawan, ada 3 orang yang hasilnya di bawah target. Karena itu, pengurus akan menjadikan hasil tasmi ini sebagai bahan evaluasi sampai pelaksanaan wisuda nanti.

Ustadz Syamsul menjelaskan, sebenarnya semua calon wisudawan sudah khatam setoran. Tetapi, selain menyelesaikan setoran 30 juz, pengurus pondok menargetkan mereka memiliki hafalan lancar minimal 15 juz. “Ini juga jadi syarat untuk pengambilan ijazah. Sejak angkatan I sudah diterapkan,” tambahnya.

Bisa jadi, lanjut dia, saat wisuda nanti wisudawan yang naik panggung tidak berjumlah 12 orang. “Kebijakan ini memang akan diberlakukan di tahun ini. Tujuannya semata-mata untuk meningkatan kualitas lulusan. Diharapkan, ini juga menjadi motivasi bagi santri-santri angkatan berikutnya,” papar ustadz asal Jambi ini.

Ke depan, target lancar hafalan saat tasmi akan ditingkatkan secara bertahap. Bila tahun ini 15 juz, maka di tahun-tahun berikutnya akan dinaikkan menjadi 20 juz, 25 juz, sampai suatu saat mutqin 30 juz. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *