Jelang Wisuda Quran, Angkatan 3 Jalani Karantina

Para mahasantri angkatan 3 Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember saat ini tengah menjalani karantina Alquran. Karantina ini merupakan salah satu tahapan yang harus mereka jalani sebelum wisuda Alquran pada 10 Desember 2017.

Kabag Tahfidz PPA Ibka Putra Jember Ustadz Syamsul Haidi, SpdI Al Hafidz mengatakan, para mahasantri itu akan menjalani karantina sampai 2 Desember 2017. “Setelah karantina sampai 2 Desember, ada beberapa agenda lagi yang harus mereka jalani sebelum wisuda Quran,” katanya.

Pada 3 Desember, mereka akan tasmi Quran bersama rekannya. Lalu, dilanjutkan dengan tasmi dengan orang tua pada 7 Desember. Sehari berikutnya, mereka menjalani uji publik. “Masyarakat bisa ngetes hafalan mereka satu per satu. Nanti pondok akan memfasilitasi masyarakat yang hendak menguji kemampuan hafalan mereka,” terang Haidi.

Hingga Rabu (22/11), capaian hafalan mutqin (lancar) mereka berkisar 75 – 80 persen. “Masih ada wkatu untuk mencapai 100 persen. Kami mohon doa,” sambungnya.

Setelah wisuda Quran, kata dia, para mahasantri itu akan menjalani masa pengabdian di Yayasan Ibka Jember selama 12 bulan. Harapannya, 85 persen lulusan bisa pengabdian di unit-unit kerja yayasan, sedangkan sisanya di sejumlah lembaga mitra yayasan. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *