Subhanallah… Santri Ambil Sanad dari Syeikh asal Mesir

Para mahasantri Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember kini mendapat kesempatan untuk mengambil sanad qiraah Alquran. Adalah kehadiran Syeikh Subhi bin Khomis bin Hamid Ghonim, dari Mesir, yang menyambung asa para mahasantri untuk bisa mengambil sanad.

Syeikh Subhi adalah pemegang 17 sanad internasional. Syeikh Subhi sekarang berada di Yayasan Ar Rahmah, Lumajang. “Insya Allah syeikh bisa ke Ibka tiap Sabtu. Pagi di pondok putra dan bakda dhuhur ke pondok putri,” kata Mudir PPA Ibka Jember Ustad Abu Hasan.

Dengan kehadiran Syeikh Subhi, para mahasantri yang sudah menyelesaikan hafalannya bisa mengambil sanad qiraah. Sedangkan yang proses menghafal bisa mengambil sanad tahsin. Sampai kapan program ini akan berlangsung? “Kami berharap setidaknya bisa jalan setahun,” harapnya.

Tidak semua penghafal Quran memiliki sanad qiraah. Untuk mendapatkan sanad qiraah, seorang penghafal Alquran harus menyetorkan hafalannya kepada syeikh yang hafalannya bersambung hingga ke Rasulullah Muhammad SAW. Sanad qiraah inilah yang menjaga keotentikan Alquran, sehingga terjaga kemurniannya sejak Rasulullah hingga sekarang. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *